Spesifikasi HP Zenfone GO Lengkap Beserta Harganya

Posted on

Spesifikasi HP Zenfone GO – Asus Zenfone GO adalah salah satu smartphone besutan Asus yang ditargetkan untuk pasar smartphone kelas menengah. Smartphone yang satu ini hadir dengan desain yang terkenal simple namun sangat nyaman digenggam. Di samping itu, spesifikasi yang diusung pun terbilang cukup bagus untuk segmen sekelasnya.

Meskipun terbilang sebagai smartphone lama dibandingkan brand Asus yang lain, namun nyatanya tak sedikit pengguna smartphone yang masih tertarik menggunakan Asus Zenfone GO. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh chipset khas Asus yang disematkan di dalamnya yakni Mediatek. Sekedar informasi, chipset tersebut memang seolah menjadi salah satu ciri khas Asus dalam mengeluarkan produk-produk mereka. Lantas bagaimana dengan spesifikasi lain yang dimiliki oleh Asus Zenfone GO? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

Desain Simple Namun Tetap Elegan

Mengenai desain yang diusung, Asus Zenfone GO memang memberikan desain yang tidak terlalu berbeda jauh dengan produk Zenfone series yang lain. Meski demikian, desain tersebut seolah menjadi ciri khas tersendiri untuk setiap produk yang dimiliki oleh Asus. Kemiripan desain masing-masing produk Asus dapat dilihat dari material yang digunakan. Untuk Asus Zenfone GO, menggunakan perpaduan antara plastik sebagai penutup baterai dank aca di bagian depan smartphone.

Untuk dimensinya, bodi Asus Zenfone GO berdimensi 144.5 x 71 x 10 mm dengan berat 135 gram. Ukuran layarnya cukup besar yakni 5 inchi dengan tipe IPS LCD kapasitif touchscreen beresolusi 720 x 1280 pixel (kerapatan pixel mencapai 294 ppi). Dengan fitur layar tersebut, maka smartphone ini pun mampu memberikan gambar yang cukup halus.

SIM Card dan Jaringan

Asus Zenfone GO menggunakan system Dual SIM card berukuran mikro dengan jaringan 3G/HSPA/LTE sehingga mampu memberikan koneksi yang cepat ketika berada di tempat yang memiliki sinyal 4G LTE. Selain itu, untuk mendukung konektifitas smartphone menggunakan Wi-Fi, terdapat software Wi-Fi 802.11 a/b/g/nt. Ada juga fitur Bluetooth v4.0 yang membantu pengguna ketika ingin bertransfer data antar smartphone.

Dapur Pacu yang Cukup Gahar di Kelasnya

Spesifikasi HP Zenfone GO yang selanjutnya datang dari dapur pacu yang disematkan di dalamnya. Mulai dari chipset, smartphone ini mengandalkan chipset Mediatek MT65800 dengan CPU Quad Core Cortex-A7 berkecepatan 1.3 GHz. Kecepatan CPU dalam mengolah data tersebut memang terbilang standar, namun dengan adanya dukungan RAM 2 GB, maka smartphone ini pun mampu menjalankan aplikasi berat serta program multitasking tanpa masalah.

Di segi grafis, pengguna dapat menemukan GPU Mali-400 MP2. Hal ini karena kebanyakan pengguna Asus ingin memperoleh pengalaman yang baik saat bermain game. Jadi bukan hal yang aneh jika tipe GPU yang digunakan cukup mumpuni untuk memberikan grafik yang baik pada smartphone.

Tak ketinggalan pada system operasi, Asus Zenfone GO mengandalkan OS Android v5.0 Lollipop. Jenis OS tersebut memang sudah cukup jadul mengingat produk-produk smartphone kompetitor kebanyakan telah menggunakan OS Android v8.0 Oreo. Namun Anda tak perlu khawatir. Untuk mengatasi hal tersebut, vendor Asus beberapa waktu belakangan memberikan update besar terkait OS bawaan yang disematkan pada semua produk mereka. Semua OS pada produk Asus, termasuk Zenfone GO, dapat diupgrade 1 tingkat lebih tinggi. Dengan kata lain, OS tertinggi untuk Asus Zenfone GO adalah OS Android v6.0 Marshmallow.

Dukungan Fitur Dual Kamera

Bagi pengguna Asus yang ingin gemar memotret, tersedia dual kamera yang cukup dapat diandalkan. Pada kamera utama, terdapat kamera beresolusi 8 MP (f/2.0) dengan fitur LED flash dan autofocus. Kamera tersebut dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD 1080p @30fps. Sedangkan untuk kamera depan, terdapat kamera beresolusi 2 MP yang dapat digunakan.

Jika melihat dari spesifikasi dual kamera yang diusung, tentu saja produk ini sudah ketinggalan zaman.  Pasalnya para kompetitor smartphone di kelas menengah ke bawah kebanyakan sudah mengaplikasikan fitur dual kamera utama. Minimal kamera yang digunakan adalah 12 MP. Dengan kata lain, jika tujuan Anda membeli Asus Zenfone GO untuk mengabadikan gambar, sebaiknya Anda berpikir ulang.

Memori Penyimpanan yang Cukup Besar

Menginjak spesifikasi HP Zenfone GO untuk memori penyimpanan, produk ini memberikan dua pilihan kapasitas memori internal yakni 8GB dan 16GB. Varian kapasitas memori internal tersebut tujuannya agar pelanggan dapat menentukan berapa standar memori internal yang mereka butuhkan. Jika ternyata kapasitas memori internal tersebut terlalu kecil, tak perlu khawatir karena Asus Zenfone GO juga mempersiapkan slot untuk microSD yang dapat membaca kartu hingga kapasitas 64 GB.

Sensor, Baterai, dan Fitur Pendukung Lainnya

Pada segi sensor, sesuai dengan segmen yang dituju, Asus Zenfone GO memberikan pilihan fitur yang cukup terbatas. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa sensor standar yang disediakan seperti proximity, compass, dan accelerometer. Meski demikian, smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG dengan tipe port micro USB v2.0 sehingga pengguna dapat dengan langsung membaca file dari flashdisk.

Untuk tipe baterai, Asus Zenfone GO menyematkan Li-Ion battery berkapasitas 2070 mAh. Kapasitas baterai tersebut tentu sudah cukup untuk menjalankan berbagai spesifikasi Asus Zenfone GO di atas. Tak hanya itu saja, sebagai produk yang sudah cukup lama berlalu lalang di dunia smartphone, jenis baterai yang digunakan pun masih removable battery sehingga dapat diganti kapan saja.

Harga yang Dibanderol untuk Asus Zenfone GO

Pertanyaan yang terakhir, berapa harga Zenfone GO? Sesuai dengan segmen pasar yang ditarget, smartphone ini hanya dibanderol dengan harga 1.2 juta Rupiah saja. Harga Zenfone GO tersebut terbilang pantas berdasarkan spesifikasi HP Zenfone GO yang diberikan.

ZenFone 5 (ZE620KL)
  • AI Scene Detection
  • Night HDR + tampilan ultrawide
  • Qualcomm® SDM636 dengan AI Boost
  • 6.2″ All-screen display
ZenFone 5Z (ZS620KL)
  • AI photo – AI scene detection & AI photo learning
  • Dual cameras – night HDR & ultra wide view
  • AI-powered Qualcomm® Snapdr
ZenFone 5Q (ZC600KL)
  • 20MP Dual Selfie Cameras & 16MP Dual Rear Cameras
  • Ultra Wide-view Front & Rear Cameras
  • Ultra Slim Bezel FHD+ Full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *